Jumat, 11 Januari 2013

AYAM KAMPUNG I

PENDAHULUAN

Ayam buras atau ayam kampung merupakan potensi di daerah yang selalu ada dan hampir dimiliki oleh setiap rumah tangga serta mempunyai beberapa keunggulan dibanding dengan jenis unggas lain. Keunggulan tersebut antara lain 1). Mudah dipelihara dan sudah sering dilakukan oleh masyarakat di pedesaan, 2). cepat beradaptasi dengan lingkungan dan umumnya tahan terhadap penyakit tertentu, 3). daging dan telur ayam buras lebih disukai masyarakat, karena dagingnya kenyal dan tidak berlemak seperti ayam ras, selain itu daging ayam buras mengandung 19 protein dan asam amino yang tinggi. Sehingga peluang pasar masih terbuka lebar dan harganya tetap stabil, 4). dapat dilaksanakan dengan modal kecil-kecilan dan penggunaan lahan terbatas serta dapat diusahakan secara bertahap, 5). memiliki variasi keunggulan tertentu sesuai dengan daerah asalnya.
Dalam berusaha ternak ayam buras masih banyak kendala usaha yang ditemukan seperti tingkat kematian yang tinggi hal ini disebabkan latar belakang pemeliharaannya adalah sekedar sebagai usaha sampingan dengan tujuan untuk diambil daging dan telurnya sebagai penambahgizi keluara serta dijual pada saat membutuhkan uang. Dengan kata lain usaha ini hanya merupakan pelengkap, tanpa didorong oleh manfaat lain dari hasil ternak ayam tersebut. Cara pemeliharaan yang dilakukan pada umunya tradisional, biasanya ayam-ayam dibiarkan berkeliaran (diumbar) di kebun atau di pekarangan untuk mencari makan karena peternak jarang memberi pakan pada ayam-ayamnya.
Mengingat keberadaan dan pemilikan ayam buras yang sudah umum dikalangan masyarakat di pedesaan makan usaha meningkatkan peran ayam buras dan upaya peningkatan produktivitas serta pengambangan sistem produksi dapat ditempuh dengan cara seleksi bibit dan perbaikan sistem pemeliharaan yang meliputi sistem perkandangan, mutu pakan dan penjagaan kesehatan ternak.

SISTEM PEMELIHARAAN AYAM BURAS

Sistem budidaya ayam buras yang berkembang saat ini dapat dibedakan menjadi 3 sistem pemeliharaan yaitu :
  1. Sistem Pemeliharaan Ayam Buras Secara Tradisional
    Sistem pemeliharaan ini biasa dilakukan oleh sebagian besar petani pedesaan. Ayam buras dipelihara dengan cara dibiarkan lepas, petanikurang memperhatikan aspek teknis dan perhitungan ekonomi usahanya. Pemeliharaan bersifat sambilan, dimana pakan ayam buras tidak disediakan secara khusus hanya mengandalkan sisa-sisa hasil pertanian. Sistem perkandangan kurang diperhatikan, ada yang dikandangankan didekat dapur, dan ada yang hanya bertenger di dahan pohon-pohon pada malam hari. Pada pemeliharaan secara tradisional tingkat kematian ayam dapat mencapai 56 % terutama pada anak ayam sampai umur 6 minggu, produksi telur rendah (47 butir per induk per tahun)
  2. Sistem Pemeliharaan Secara Semi Intensif
    Sistem pemeliharaan secara intensif adalah pemeliharaan ayam buras dengan penyediaan kandang dan pemisahan anak ayam yang baru menetas dari induknya dengan skala usaha rata-rata 9 ekor induk per tani. Selama pemisahan ini, anak ayam perlu diberi pakan yang baik (komersial atau buatan sendiri). Biasanya pakan tambahan diberikan sebelum ayam dilepas di pekarangan atau di kebun untuk mencari pakan sendiri. Pada pemeliharaan secara semi intensif ini tingkat kematian ayam dapat mencapai 34 % terutama pada ayam sampai umur 6 minggu dan produksi telur mencapai 59 butir per ekor per tahun
  3. Sistem Pemeliharaan Secar Intensif
    Pemeliharaan secara intensif ini artinya ayam buras yang diperlihara petani dikurung/dikandangkan sepanjang hari, dengan skala usaha rata-rata 18 ekor induk ayam per petani. Cara pemeliharaan ini tidak jauh beda dengan sistem pemeliharaan secara semi intensif, namun bedanya pakan diberikan secara penuh yaitu 100 gram per ekor per hari. Pada cara ini petani harus secara terus menerus menangani usahanya. Pada sistem pemeliharaan secara intensif ayam betina tidak diberikan kesempatan mengerami telurnya. Telur dieramkan oleh ayam-ayam yang khusus dipelihara sebagai penetas telur atau ditetaskan dengan menggunakan mesin tetas. Pada pemeliharaan secara semi intensif ini tingkat kematian ayam mencapai 27 % terutama pada anak ayam sampai umur 6 minggu dan produksi telur dapat mencapai 103 butir per ekor per tahun.

PEMELIHARAAN AYAM BURAS

  1. Pemilihan Bibit
    Bibit ayam buras yang baik sangat menentukan percepatan perkembang biakan dan keuntungan bagi peternak dalam usaha tani ayam buras. Cara memilih ayam buras calon induk atau calon pejantan adalah sebagai berikut.
    Calon Induk Calon Pejantan
    1. Umur = 6 sapai 12 bulan 1. Umur = 8 sampai 24 bulan
    2. Berat badan = kurang lebih 0,8 Kg 2. Berat badan kurang lebih 1 sampai 1,2 Kg
    3. Sehat, tidak cacat, mata bersinar dan hidup 3. Sehat, tidak cacat, mata bersinar dan hidup
    4. Daerah dubur lembut 4. Tubuh besar, kokoh dan kuat
    5. Jarak antara tulang duduk 2 jari 5. Bentuk kepala lurus dan pipih
    6. Jarak antara tulang duduk dan tulang dada 3 jari 6. Bentuk ekor melengkung dan terjuntai kebawah
    7. Kedua sayap lebar dan simetris 7. Terdapat taji dengan bentuk runcing/bulat seperti agung
    8. Jengger dan pial berwarna merah segar 8. Kaki dan kukuh bersih, sisi-sisiknya teratur.
    9. Tidak mempunyai sifat kanibal 9. Tidak mempunyai sifat kanibal
  2. Kandang
    Fungsi kandang bagi ternak ayam terutama untuk melindungi dari hujan, terpaan angin, panas dan gangguan binatang buas. Selain itu berfungsi sebagai tempat tidur dan yang utama adalah sebagai tempat berkembang biak. Ukuran kandang ayam buras biasanya 2m x 3m untuk menampung 40 ekor anak ayam sampai umur 2-3 bulan atau dapat untuk menampung 30 ekor ayam dewasa.
    Syarat kandang yang baik, yaitu :
    1. Cukup mendapat sinar matahari
    2. Cukup mendapat angin atau udara segar
    3. Jauh dari kediaman rumah sendiri
    4. Bersih
    5. Sesuai kebutuhan (umur dan keadaannya)
    6. Kepadatan yang sesuai
    7. Kandang kokoh dan kuat serta atap tidak bocor
    Kepadatan Kandang :
    1. Anak ayam beserta induk : 1- 2 m2 untuk 20 - 25 ekor anak ayam dan 1 - 2 induk.
    2. Ayam dara 1 m2 untuk 14 - 16 ekor.
    3. Ayam masa bertelur, 1 - 2 m2 untuk 6 ekor dan pejantan 1 ekor
  3. Pakan
    Pada sistem pemeliharaan secara tradisional ayam buras akan berusaha mencukupi kebutuhan gizinya dari berbagai sumber bahan pakan yang tersedia dilingkungannya. Pada sistem pemeliharaan ayam buras secara semi intensif peternak memberikan pakan tambahan pada ayam burasnya sedangkan pada sistem pemeliharaan secara intensif pakan sepenuhnya disediakan peternak. Jumlah kebutuhan pakan
    Tahap pertumbuhan Umur (bln) Jumlah Pakan (gr/ek/hr)
    Anak 0 - 2 5 - 20
    Dara 2 - 5 20 - 70
    Produksi > 5 70 - 100
    Kebutuhan zat makanan
    Anak Ayam : 17 % protein, 2700 k.kal/kg
    Dara/Dewasa : 14 % protein, 2900 k.kal/kg
    Formula pakan ayam kampung
    1. Formula 1 (umur 1-7 hari)
      Ayam buras diberikan pakan jadi ayam ras petelor ditambah dengan hijauan.
    2. Formula 2 (umur 1 minggu - 10 minggu)
      1. Konsentrat ayam ras petelor : 10 %
      2. Jagung : 40%
      3. Bekatul : 30 %
      4. Tepung Ikan : 10%
      5. Girit : 5 %
      6. Hijauan : 5 %
    3. Formula 3 (umur 10 - 20 minggu)
      1. Konsentrat ayam ras petelor : 8 %
      2. Jagung : 20%
      3. Bekatul : 60 %
      4. Tepung Ikan : 10%
      5. Girit : 2 %
      6. Hijauan : 10 %
    4. Formula 4 (khusus periode grower dan layer) setiap 55 kg pakan
      1. Konsentrat ayam ras petelor : 12 %
      2. Jagung giling : 15 kg
      3. Dedak halus : 25 kg
      4. girit : 1 kg
      5. Mineral B 12 : 1 Kg
      6. Tepung ikan : 1 Kg
      7. Ditambah hijauan secara tidak terbatas
      Sumber BPTP KalBar
  4. Pengaturan Siklus Bertelur
    Untuk meningkatkan jumlah produksi beberapa cara dapat dilakukan salah satu diantaranya adalah penetasan telur dengan mesin tetas. Telur-telur yang ada disangkar diambil dan dipindahkan ke dalam mesin tetas, sehingga kalau induk ayam mau mengerami telur di sangkarnya tidak jadi karena sangkar kosong. Induk ayam yang mulai mengeram kemudian di pegang dan dimandikan setiap hari dengan tujuan untuk menghilangkan sifat mengeram induk ayam secepat mungkin, setelah sifat mengeram menghilang maka babon akan memperlihatkan sifat birahinya dan akan bertelur kembali. Langkah ini dilakukan bertujuan agar dihasilkan telur yang lebih banyak.

PENGENDALIAN DAN PENCEGAHAN PENYAKIT

  1. Penyakit Tetelo (ND)
    Penyakit ini disebabkan oleh virus yang menyebabkan gangguan pernapasan, syaraf, menghambat pertumbuhan dan dapat menyebabkan kematian. Pencegahan dapat dilakukan dengan jauhkan ayam-ayam sakit dan cucihamakan kandang dan peralatan kandang, selalu menjaga kebersihan/sanitasi kandang dan lingkungan, berikan makan/minuman yang baik dan cukup, lakukan vaksinasi atau berikan obat pencegahan tepat pada waktunya.
    Program vaksinasi penyakit ND pada ayam buras :
    Periode vaksinasi Umur Ayam Jenis vaksin Dosis dan aplikasi
    Pertama (I) 1-4 hari Strain F 1 tetes lewat mata
    Kedua (II) 3-4 minggu Strain F 1 tetes lewat mata
    Ketiga (III) 2-3 bulan Strain K 0,5 dosis suntikan pada otot
    Keempat (IV) 5-6 bulan, diulang setiap 6 bulan Strain K 1 dosis suntikan pada otot
  2. Penyakit Flu Burung
    Penyakit ini disebabkan oleh virus dan dapat menyebabkan kematian secara mewabah, tanda-tanda penyakit ini adalah : (1). Jengger, pial, kulit perut yang tidak ditumbuhi bulu berwarna biru keunguan, (2). kadang-kadang ada cairan dari mata dan hidung,(3). Pembengkakan di daerah bagia muka dan kepala, (4) pendarahan dibawah kulit, (5) pendarahan titik pada daerah dada, kaki dan telapak kaki, (6) batuk, bersin dan ngorok dan (7) ayam mengalami diare dan tingkat kematian tinggi. Program vaksinasi flu burung pada ayam buras :
    Periode vaksinasi Umur Ayam Dosis dan aplikasi
    Pertama (I) 4-7 hari 0,2 ml suntikan dibawah kulit pada pangkal leher
    Kedua (II) 4-7 minggu 0,5 cc suntikan dibawah kulit pada pangkal leher/otot dada.
    Ketiga (III) 12 minggu, diulang kembali setiap 3-4 bulan sekali pada pangkal leher/otot dada
    Pengisian kembali (Restocking) kandang ayam yang terserang penyakit flu burung adalah sebagai berikut peternak diperbolehkan mengisi kandang kembali setelah 30 hari pengosongan kandang dan harus dipastikan semua tindakan desinfeksi dan pembakaran/penguburan sesuai prosedur.
  3. Penyakit Coccidiosis (Berak Darah)
    Tanda-tanda penyakit ini adalah pucat dan lesu, nafsu makan menurun, pada anak ayam biasanya mencret bercampur darah, kandang-kandang terjadi kelumpuhan, bila serangan penyakit ini cukup lama, ayam akan kurus dan akhirnya mati. Pengobatan dapat digunakan Coccidiostat seperti Trisulfa.
  4. Penyakit Kolera
    Penyakit kolera dapat menular dan menyerang mendadak yang dapat mengakibatkan kematian, penyakit ini cenderung mewabah kembali setelah sembuh dari pengobatan. Tanda-tanda penyakit ini adalah berak warna hijau dan jengger kebiru-biruan. Salah satu penyebab yang sering tumbuh adalah dari pakan atau air minum yang tercemar kotoran atau pakan yang basi. Pengobatan dapat dilakukan dengan obat sulfa atau terramicyn.
  5. Penyakit Snot (Salesma)
    Penyakit ini disebabkan oleh bakteri dan menyerang pada ayam semua umur. Tanda-tanda penyakit ini adalah mula-mula pada lubang hidung keluar cairan agak encer, lama-lama mengental dan ayam sering bersin, nafsu makan menurun, di lubang hidung biasanya agak membengkak. Pengobatan dapat digunakan sterptomycin. Pencegahan jangan biarkan ayam memakan jeroan atau bangkai.

ANALISA USAHA PEMELIHARAAN AYAM BURAS

  1. Sistem usaha pemeliharaan secara tradisional
    Pada pola usaha ini kebanyakan petani kurang memperhitungkan tentang pengeluaran dan pendapatan usaha ini, karena masih bersifat usaha sambilan. Tenaga kerja dalam pemeliharaan ayam buras masih tergantung pada tenaga kerja keluarga sehingga tidak diperhitungkan pada analisa ini
    Investasi (Modal tetap)
    - Kandang Rp. 150.000,-
    - Bibit ayam betina 2 ekor Rp 60.000,-
    - Bibit ayam jantan 1 ekor Rp 35.000,-
    Total Rp. 245.000


  2. Biaya produksi 1 tahun :
    (a) Pakan :
    1. Ayam dewasa (pada umumnya dedak) : 0,075 kg/hari x 3 ekor x 365 hari x Rp. 1000,-/kg Rp 82.124,-
    2. Anak ayam sampai 4 bulan : 0,05 kg/hari x 10 ekor x 120 hari x Rp. 1000/kg x 3 periode Rp 180.000,-
    (b) Vaksin Rp. 0,-
    Penyusutan kandang (20%) Rp. 30.800,-
    Total Rp. 292.925,-


    Pendapatan
    (a). Produksi telur kurang lebih 13 butir/periode
    (b). Kematian anak 60 %
    (c). Penjualan telur 3 periode x 2 butir x Rp. 1200/butir Rp 7.200,-
    (d). Penjualan ayam 18 ekor x Rp. 22000,-/ekor Rp. 396.000,-
    Total Pendapatan Rp. 403.200,-
    Imbangan dan pendapatan/biaya = 1,38
    Keuntungan dalam setahun = Rp. 403.200,- - Rp. 292.925,- Rp. 110.275,-
    Perhitungan di atas di asumsikan pada keadaan tanpa wabah penyakit tetelo.
  3. Sistem usaha pemeliharaan secara semi intensif .
    Pada sistem ini petani mengandangkan ayamnya disertai pemberian pakan tambahan dan beberapa perbaikan manajemen lain secara sederhana. Pada sistem ini tenaga kerja sepenuhnya ditangani oleh keluarga sehingga dalam analisa usaha berikut ini tidak diperhitungkan

    Investasi (Modal tetap)
    (a). Kandang
    Induk Rp. 150.000,-
    Muda Rp. 150.000,-
    Anak dan pemanas Rp. 100.000,-
    (b) Bibit
    Bibit ayam betina 9 ekor Rp. 270.000,-
    Bibit ayam jantan 1 ekor Rp. 35.000,-
    Total Rp. 705.000,-


    Manajemen
    Produksi telur 6 periode/tahun
    Penetasan 3 kali/tahun sebanyak 10 butir/periode/induk
    Produksi telur kurang lebih 14 butir/perideo/induk
    Kematian anak sampai umur 4 bulan 25 %
    Dilakukan pemisahan anak
    Pakan diberikan sebanyak : Induk/jantan = 0,025 kg/ekor/hari. Ayam/muda = 0,050/ekor/hari


    (a). Biaya Pakan
    Induk + Jantan = 10 ekor x 0,25 kg/hari x 365 hari x Rp. 1000/kg Rp. 912.500,-
    Anak ayam 0-2 bulan = 9 ekor induk x 8 ekor anak x 3 periode x 0,05 kg/hari x 60 hari x Rp. 1500 Rp. 972.000,-
    Ayam muda 2-4 bulan = 9 ekor induk x 7 ekor anak hidup x 3 periode x 0,05 kg/hari x 60 hari x Rp. 1000/kg Rp. 67.000,-
    Total Rp. 2.451.500
    (b). Biaya Vaksin
    Induk + Jantan = 10 ekor x 4 kali x Rp. 100 Rp. 4.000,-
    Anak ayam 216 ekor x 2 kali x Rp. 100 Rp. 43.000,-
    Ayam muda 198 ekor x 1 kali x Rp. 100 Rp. 19.800
    Penyusutan Kandang (20%) Rp. 80.000,-
    Total Rp. 146.800,-
    Total Biaya Rp. 2.598.300,-


    Pendapatan
    Penjualan telur (9 ekor induk x 3 periode x 4 butir/periode) + (9 ekor induk x 3 periode x
    14 butir/ekor/periode) x Rp. 1200/butir
    Rp. 583.200,-
    Penjualan ayam umur 4 bulan = 135 ekor x Rp 26000 per ekor Rp. 3.510.000,-
    Total Pendapatan Rp. 4.093.200,-
    Imbangan pendapatan/biaya = 1,58
    Keuntungan dalam setahun Rp. 1.494.900,-
  4. Sistem Usaha pemeliharaan secara intensif
    Petani mengatur penetasan telur 1 tahun sebanyak 3 kali setiap induk, sehingga dalam 1 tahun petani mendapatkan hasil telur dan hasil penjualan pembesaran anak. Perhitungan skala pemeliharaan ayam buras dengan perbandingan 18 ekor ayam betina dan 2 ekor ayam jantan.

    Investasi (Modal tetap)
    Kandang anak umur 0 - 2 bulan (daya tahan 5 tahun) Rp. 500.000,-
    Kandang anak umur 2-4 bulan Rp. 1.500.000,-
    Kandang dewasa Rp. 500.000,-
    Bibit ayam betina 18 ekor x Rp. 30.000/ekor Rp. 540.000,-
    Ayam jantan 2 ekor x Rp. 35.000/ekor Rp. 70.000,-
    Total Rp. 3.110.000,-


    Manajemen
    Penetasan dilakukan 3 kali setiap induk sehingga didapat dari
    18 ekor induk x 3 periode penetasan x 10 ekor anak ayam per periode penetasan sebanyak
    540 anak ayam (umur 1 hari) per tahun



    Modal kerja selama 1 tahun
    (a). Biaya pemeliharaan anak ayam umur 1-2 bulan :
    Pakan 180 ekor x 3 kg/ekor (3 periode) x Rp. 4000 per kg Rp. 2.160.000,-
    Vaksin 180 ekor x 2 kali (3 periode) x Rp. 100 Rp. 36.000,-
    Pemanas selama 2 bulan Rp. 5.000 x 3 periode Rp. 15.000,-
    Penyusutan kandang (20%) Rp. 100.000,-
    Total Rp. 2.311.000,-
    (b). Biaya pemeliharaan ayam muda umur 2-4 bulan
    Pakan 180 ekor x 4 kg (3 periode) x Rp 3.000/kg Rp. 2.160.000,-
    Vaksin 180 ekor x 1 (3 periode) x Rp. 100 Rp. 18.000,-
    Penyusutan Kandang (20%) Rp. 200.000,-
    Total Rp. 2.378.000,-
PENYUSUN EDITOR LAYOUT
Kartika Fauziah Matheus Sariubang Farida Arief

http://sulsel.litbang.deptan.go.id/ind/index.php?option=com_content&view=article&id=637:teknologi-beternak-ayam-buras&catid=47:panduanpetunjuk-teknis-brosur-&Itemid=231

16 komentar:

  1. ASSALAMU ALAIKUM WR-WB KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH ATAS BANTUAN AKI,RUSLAN KARNA NOMOR GHOIB/RITUAL JITU YANG AKI,BERIKAN 4D (8301) BENAR BENAR TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN 380 JUTA ALHAMDULILLAH, SAYA BISA MEMBELI RUMAH DAN MOBIL WALAUPUN SAYA CUMA PNS GOLONGAN 1B.INI ADALAH KISAH NYATA DARI SAYA.JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SILAHKAN ANDA HUBUNGI LANGSUNG AKI, RUSLAN SALEH KARENA APAPUN KEADAAN ANDA JANGAN PERNAH BERPUTUS ASAH KALAU SUDAH WAKTUNYA TUHAN PASTI KASIH JALAN.

    JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL ATAU PUNYA MUSTIKA GHAIB INGIN DIPAKAI MENARIK UANG BILAH BERMINAT HUB KI RUSLAN SALEH DI NMR (_+_6_2_8_1_2_4_3_4_7_7_4_5_5_) ATAU KUNJUNGI WEPSITE (KLIK)www.penarikan-uang-ghaib.webs.com SAYA SUDAH BUKTIKAN 3X THNKS ROOMX SOBAT
    ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★
    ╔══╗═════╔╗═════
    ╚╗╔╬═╦═╦═╣╠╦╦╦╦╗
    ═║║║╩╣║║╬║═╣║║║║
    ═╚╝╚═╩╩╬╗╠╩╬╗╠═╝
    ═══════╚═╝═╚═╝══
    ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★

    BalasHapus
  2. PROMO NEW MEMBER 15%

    DewaZeus adalah bagian dari situs ZeusBola, yang merupakan master agen mater taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di DewaZeus.

    Juga Sebagai Agen Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama industri Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang pemimpin Isle of Man untuk beroperasi juga sebagai juru taruhan sport sedunia.

    sabung ayam online/
    main judi pakai pulsa

    Ayo gabung sekarang di dewazeus.pw

    BalasHapus
  3. JUDI ONLINE DEPOSIT PAKAI PULSA!

    Agen Poker pulsa Terpercaya Di Indonesia, kedudukan kantorcabang Judi Online memperhadapkan pulsa yaitu secorak pedagang judi yang mencadangkan pergelaran poker online pada masa ini sudah sangat ringan degnan masuknya pergelaran ini poker online sedimen dengan pulsa akomodasi berbobot sok disebuah pementasan poker online yang piawai kita jumpai kala ini memang buah mulaisejak makin meningkatnya zaman dan teknologi saat ini didalam permainan taruhan online. Karena cukup mengemukakan pulsa bagaikan uang deposit permainan di zeus bola online, pegawai sudah menggenggam kesempatan yang besar beraga beserta memboyong permainan.

    Berkelakuan merencanakan pulsa didalam permainan judi online jelasnya memang hendak makin menggampangkan anggota masa kalian mengerjakan pertunjukan sandaran online. Atas hadirnya endapan via pulsa maka petugas hendak becus berlandaskan ringan bernas beraksi beserta berperan juara didalam sebentuk pergelaran poker. Tontonan poker online deposit lewat pulsa mestinya bakal menggabai beberapa kemaslahatan berperangai yang kuasa berupa pulsa cuma ataupun berupa uang absah didalam sama pergelaran poker online.

    BACA JUGA:

    http://134.209.98.69/keuntungan-bermain-judi-bola-deposit-pulsa/
    http://134.209.98.69/keuntungan-bermain-judi-bola-menggunakan-pulsa/
    http://134.209.98.69/keuntungan-bergabung-di-situs-judi-bola-pakai-pulsa/


    Ayo daftar sekarang hanya di ZeusBola

    BalasHapus
  4. Jika Anda peminat Judi Online, Anda wajib bermain disini S128Cash.
    Karena S128Cash sudah menjadi salah satu Situs Judi Online TerFAVORITE untuk para pemain Judi Online.
    Disini juga Anda tidak perlu takut, mau seberapa besar pun kemenangan Anda pasti akan tetap di bayar untuk Anda dan ini sudah terbukti karena setiap harinya lahir JUTAWAN dari S128Cash.
    Saya berani jamin deh, jika Anda bermain disini akan sangat nyaman dan menyenangkan.

    Berikut permainan yang disediakan S128Cash :
    - Sportbooks
    - Live Casino
    - Sabung Ayam Online
    - Slot Games
    - Tembak Ikan
    - IDNPoker
    - Klik4D

    Jadi apa lagi yang Anda tunggu? Segera daftarkan diri Anda dan dapatkan :
    - BONUS NEW MEMBER 10%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
    - BONUS CASHBACK 10%
    - BONUS FREEBET 200rB
    - BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !! ( Ayam Sabung )

    Untuk pendaftarannya sangat mudah dan yang pastinya GRATIS !!
    Kalian bisa langsung hubungi kami melalui :
    - Livechat : S128Cash
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.org

    BalasHapus
  5. Live Casino Winning303 Hadirkan Permainan Casino Kelas Dunia
    Permainan Populer Dunia Semua Kami Hadirkan Disini Seperti :
    -Baccarat
    -Dragon Tiger
    -Sic Bo
    -Roulette
    -Bull Fight
    -Fish Prawn Crab
    -Black Jack
    -Super Fantan
    -Super Hi-Lo
    -Super 3 Picture

    Jangan Sampai Ketinggalan Ya...
    Dapatkan Bonus New Member 20% Langsung...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Poker
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Hubungi Kami di :
    Customer Service 24 Jam
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  6. DEPOSIT BISA VIA PULSA!

    Delegasi Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang menyediakan jasa layanan kepada awal akun permainan judi atau taruhan online guna anda di peserta judi online yang bertingkat International, jadi dan terpercaya hanya di poker pulsa.

    Sbg Agen Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn maskapai Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemimpin Isle of Man bagi beroperasi yang merupakan juru taruhan latihan jasmani sedunia.


    https://bolazeus.site/2018/12/28/situs-agen-taruhan-sabung-ayam-s128-deposit-pulsa-termurah/
    https://bolazeus.site/2018/12/27/link-alternatif-s128-deposit-pulsa-sabung-ayam-online/
    https://bolazeus.site/2018/12/26/panduan-judi-deposit-pulsa-telkomsel-teraman/
    https://bolazeus.site/2018/12/26/cara-memilih-agen-poker-deposit-via-pulsa/

    s128

    Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
    link zeusbola
    link zeusbola

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola

    BalasHapus
  7. Butuh Hiburan? Butuh Refreshing??
    Yuk Mainkan Live Casino & SBOBET bersama Winning303..
    Hadirkan Dealer Profesional dan Cantik Yang Siap Menemani Permainan Anda 24Jam Nonstop!!

    Ayo Gabung Dengan Kami...Gratiss!!

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Poker
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Dapatkan Bonus Promo
    NEW MEMBER 20%
    DEPOSIT HARIAN 10%

    Hubungi Kami di :
    Customer Service 24 Jam
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  8. Jangan takut tertipu dan langsung dicoba dahulu dengan nominal deposit Rp 25.000,-
    Kalian tidak akan menyesal bergabung dengan ZEUSBOLA.
    Selamat Bergabung dan Salam Jackpot Dengan Menikmati Games Hanya Dengan 1 User ID.

    Nikmati Promo Terbesar Dari ZEUSBOLA Situs Judi Online Terpercaya

    Jenis permainan yang kami sediakan yaitu :

    *SPORTSBOOK
    *LIVE CASINO
    *IDN LIVE
    *IDN POKER
    *SLOT GAMES
    *TEMBAK IKAN
    *JOKER123
    *SABUNG AYAM
    *TOGEL ONLINE

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar di link ini
    atau hubungi kontaknya di https://linktr.ee/zeusbola.official ( KLIK DISINI )

    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online ZEUSBOLA terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank DANAMON

    Bank MANDIRI


    Promo Bonus yang berlangsung pada Judi Online ZEUSBOLA :
    Bonus New Member 15%
    Bonus New Member 10% ( Sabung Ayam )
    Bonus Cashback/Kekalahan Sportsbook Up To 15%
    Bonus Rollingan Up To 0.6%
    Bonus Harian 10%
    Bonus Reward

    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari ZEUSBOLA yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.
    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.
    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.
    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.
    Layanan Website 24jam setiap hari.
    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan (NOBOT).
    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.

    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di ZEUSBOLA.
    Alamat Situs Resmi :http://zeusbola.site/

    Alamat Situs Alternatif :
    http://zeusbola.club/
    http://zeusbola.site/
    http://zeusbola.best/

    Kontak ZEUSBOLA :
    Whatsap : +62 813 3355 5996
    LINE : ZEUSBOLA
    TELEGRAM: t.me/zeusbola

    JJudi Gaple Online Deposit Via Bank Jenius

    Situs Judi Domino Deposit Gopay

    BalasHapus
  9. AGENS128 Adalah Situs Judi Online Taruhan Sepak Bola, Casino, Sabung Ayam, Tangkas, Togel & Poker Terpopuler di Indonesia
    daftar bisa langsung ke:
    LINE : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  10. ZeusBola - Agen Sabung Ayam Online Dengan Pulsa
    Menerima Deposit via E-money
    (OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS)
    Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun Hingga 5jt
    Pendaftaran : http://zeusbola.asia

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Daftar S128 Menggunakan Bank BTPN Jenius

    BalasHapus
  11. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Pot Limit Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Cara Daftar Poker Online Uang Asli Terpercaya 2021

    Situs Poker Online Terbaik Indonesia Via Aplikasi Dana

    BalasHapus
  12. BOLAVITA agent dengan deposit Pulsa 10RB anda bisa bermain semua permainan yang anda mau.

    Info hub
    WA:0812 2222 995

    BalasHapus
  13. HASIL TOGEL

    Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    WA:+6287785425244

    BalasHapus
  14. Lagi bokek tapi mau bermain slot?
    Klik ====>Demo Slot Habanero – Space Fortune

    Ayo Segera Daftar Akun Bermain Anda..Gratiss..

    Klik >>>>>>> Daftar slot

    Dengan minimal Depo hanya 25 ribu dan minimal Withdraw 50 ribu
    Anda bisa bermain Slot. Menang berapapun kami bayar Bosku ^^

    PENAWARAN PROMOSI:
    • Bonus Deposit 20% New Member
    • Bonus Deposit 5% Setiap Hari
    • Bonus Cashback 5% - 10%
    • Extra Bonus Prize 2 & Prize 3

    Menerima Berbagai Metode Transaksi Terlengkap di Indonesia Minimal Deposit 10rb
    Semua Bank Lokal
    OVO
    Gopay
    Dana
    Pulsa (Minimal Deposit 10rb Rate Terbaik)

    Untuk Togel Kami Menyediakan 7 Pasaran

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6287777007391

    ===> LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO
    ===> LINK ALTERNATIF MUSEUMBOLA
    ===> LINK ALTERNATIF MUSEUMPOKER
    ===> LINK ALTERNATIF MUSEUMAYAM
    ===> CLUB388
    ===> SV388

    BalasHapus